Sering Sakit Gigi? Yuk Simak 7 Tips Merawat Gigi yang Baik

Top Ten File Gigi merupakan sesuatu yang penting dan tentunya berharga. Namun, sering banget orang-orang menyepelekan kesehatan gigi, akhirnya gigi nggak sehat. Ada yang berlubang lah, gigi kuning, gigi sensitif, abrasi gigi, gigi yang goyang, susunan gigi yang tidak rata, karang gigi dan yang paling sakit adalah sakit gigi. Kalau udah ngerasain gimana ngilunya sakit gigi, pasti deh akan tambah rajin ngejaga giginya. Eits, tapi hal itu nggak baik, loh. Karena, lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu, jaga dulu giginya, sebelum semua gangguan yang terjadi pada gigi datang.

Sering Sakit Gigi? Yuk Simak 7 Tips Merawat Gigi yang Baik!

Kadang banyak juga orang yang enggak peduli dengan kesehatan gigi, asal udah sikat gigi 2 kali sehari saja rasanya udah cukup. Namun, menjaga gigi tidak melulu dengan sikat gigi saja, ada beberapa hal juga yang tentunya harus diperhatikan. Mau tahu bagaimana cara merawat gigi yang baik? Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Menyikat Gigi Rutin dan Teratur

Tips pertama untuk merawat gigi adalah menyikat gigi secara rutin dan teratur. Masalah ini sempat disinggung di awal. Menyikat gigi secara rutin dan teratur terdengar sangat sederhana, tapi nyatanya banak orang yang malah menyepelekan dan malas untuk bisa teratur. Namun, jika sikat gigi saja kamu malas, pasti bakalan berat menjalani tips-tips lain. Oleh sebab itu, yuk biasakan sikat gigi rutin dan teratur sebanyak 2 kali sehari. Nah, tahukah kamu bahwa dengan menyikat gigi, kuman-kuman dan bakteri yang berada pada gigi akan bersih dan hilang. Sikat gigi secara teratur pun dapat membantu memutihkan gigi kamu, loh. Eits, masih ada yang harus diperhatikan nih, pastikan bahwa sikat gigi yang kamu pakai lembut dan harus diganti 3 bulan sekali agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

Membersihkan Sela-sela Gigi

Tips kedua untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan membersihkan sela-sela gigi. Meskipun terdengar kuno, tapi membersihkan sela-sela gigi dengan tali khusus bisa menjadi solusi lain untuk menjaga gigi kamu. Sebenarnya, meskipun kamu sudah sikat gigi secara rutin dan teratur, tapi bulu sikat tidak dapat menjangkau sela-sela gigi dengan baik dan optimal, sehingga kamu masih harus membersihkannya dengan tali khusus.

Menggunakan Cairan Kumur

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan kumur. Cairan kumur dapat membantu membersihan bakteri dan kuman yang tertinggal. Jika penggunaan cairan kumur digabungkan dengan penggunaan tali pada tips sebelumnya, merupakan gabungan yang sangat baik untuk merawat gigi dan mulut. Namun, penggunaan cairan kumur sendiri hanya dipakai jika kamu membutuhkannya saja. Perlu diperhatikan juga, bahwa cairan kumur tidak disarankan untuk digunakan terus menerus.

Gunakan Fluoride

Untuk menjaga kesehatan gigi, bisa juga dengan menggunakan fluoride. Bahan yang satu ini bisa melindungi permukaan gigi dari serangan bakteri dan pengeroposan. Selain itu, fuoride juga bisa memutihkan gigi secara alami. Itulah kenapa pasta gigi yang sering kita gunakan mengandung fluoride. Meskipun bahan yang satu ini sangat bermanfaat, tapi perlu digarisbawahi bahwa jangan terlalu sering menggunakan pasta gigi, apalagi sampai berlebihan.

Hindari Merokok

Jika kamu perokok aktif dan ingin merawat gigi dengan baik, maka cobalah untuk mengurangi rokok yang kamu hisap. Karena, merokok sendiri dapat merusak dan memperburuk kesehatan mulut dan gigi. Selain membuat warna gigi menjadi kuning, merokok juga dapat membuat gusi menghitam, bau mulut, gusi terlihat pucat dan lain-lain. Oleh sebab itu, kurangi merokok, atau jika bisa berhentilah merokok.

Membatasi Makanan Manis dan Panas

Tips selanjutnya dalam menjaga kesehatan gigi adalah dengan membatasi makanan manis dan juga panas. Makanan manis akan membuat gigi menjadi lebih asam dan memudahkan pengeroposan, selain itu dapat memunculkan bakteri yang merugikan. Sementara, makanan panas akan membuat gigi kamu menjadi sensitif dan rusak. Oleh sebab itu, perlu dibatasi makanan yang manis dan panas, agar gigi tetap sehat.

Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Tips terakhir adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih. Kenapa kita harus memperbanyak mengkonsumsi air putih? Karena, selain baik untuk tubuh, air putih yang dikonsumsi setelah makan dapat membuat kotoran dimulut atau sisa makanan akan ikut masuk ke dalam tubuh. Jika kamu ingin kotoran itu dikeluarkan, maka bisa dengan menggunakan air bersih untuk berkumur. Tak hanya itu, jika dibandingkan dengan minuman yang terlalu manis, air putih sendiri tidak menyebabkan gangguan pada gigi karena tidak mengandung elemen yang bisa merusak gigi.

Nah, itulah 7 tips dalam menjaga kesehatan gigi. Semoga tips-tips di atas bisa dijalankan dan membuat gigi kamu tambah sehat dan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *